Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum
KEMENTERIAN ESDM - REFORMASI BIROKRASI - UNIT PENGELOLA
2015
PERMEN ESDM NO. 17 TAHUN 2015, LL KESDM BN RI 2015 (753) : 9 HLM
PERATURAN MENTERI ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL Tentang UNIT PENGELOLA REFORMASI BIROKRASI KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

ABSTRAK :
  • Bahwa dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi guna mempercepat tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, perlu membentuk Unit Pengelola Reformasi Birokrasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.


  • Dasar Hukum Undang-Undang ini adalah :

    UU No. 28 Th 1999; UU No. 17 Th 2003; UU No. 1 Th 2004; UU No. 5 Th 20014; Perpres No. 81 Th 2010; Perpres No. 7 Th 2015; Keppres No. 121/P Th 2014; Permen ESDM No. 18 Th 2010 jis Permen ESDM No. 30 Th 2014.


  • Dalam Undang-Undang ini diatur tentang :

    Unit Pengelola Reformasi Birokrasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang selanjutnya disebut UPRB KESDM berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. UPRB KESDM dipimpin oleh seorang Kepala. UPRB KESDM bersifat ad hoc. UPRB KESDM mempunyai tugas membantu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dalam melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan harmonisasi program reformasi birokrasi guna mempercepat tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

     

    Susunan organisasi UPRB KESDM (tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini) terdiri atas :

    • Pengarah; mempunyai tugas menetapkan arah kebijakan, pertimbangan, dan masukan terkait pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian ESDM. Pengarah ex officio dijabat oleh seluruh Pejabat Struktural Eselon I.a atau Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian ESDM.
    • Kepala; mempunyai tugas memimpin UPRB KESDM dalam membantu Menteri ESDM melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan harmonisasi program reformasi birokrasi guna mempercepat tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Kementerian ESDM. Kepala secara ex officio dijabat oleh Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi. Kepala berada dan bertanggungjawab kepada Pengarah.
    • Bagian Transformasi Organisasi; mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan harmonisasi dalam manajemen struktur, budaya organisasi, dan lingkungan kerja, sinergi kewenangan, informasi dan komunikasi, serta akuntabilitas dan pengawasan. Bagian Transformasi Organisasi terdiri atas Subbagian Penataan Organisasi, Subbagian Informasi dab E-Government, dan Subbagian Akuntabilitas dan Pengawasan.
    • Bagian Transformasi Proses Bisnis; mempunyai tugas melakukan penyiapan koordinasi, sinkronisasi, dan harmonisasi penataan Standar Operasional Prosedur, standar pelayanan, pelayanan publik, penyusunan manajemen perubahan, penataan peraturan perundang-undangan, dan kebijakan. Bagian Transformasi Proses Bisnis terdiri atas: Subbagian Penataan Standar Operasional Prosedur dan Pelayanan Publik, Subbagian Manajemen Perubahan, dan Subbagian Perundang-undangan.
    • Bagian Transformasi Sumber Daya Manusia; mempunyai tugas melakukan penyiapan koordinasi, sinkronisasi, dan harmonisasi dalam manajemen kinerja, analisis dan evaluasi jabatan, pengembangan karier, serta remunerasi dan kesejahteraan. Bagian Transformasi Sumber Daya Manusia terdiri atas: Subbagian Manajemen Kinerja dan Evaluasi Jabatan, Subbagian Pengembangan Karier, dan Subbagian Remunerasi dan Kesejahteraan.
    • Subbagian Tata Usaha; mempunyai tugas memberikan dukungan administrasi, ketatausahaan, dan kearsipan kepada UPRB KESDM melalui Kepala Bagian Transformasi Sumber Daya Mineral.

     

    Kebutuhan pegawai pada UPRB KESDM sesuai dengan beban kerja. Pegawai berasal dari pegawai Unit Utama di lingkungan Kementerian ESDM yang ditugaskan secara penuh pada UPRB KESDM. Pengisian pegawai pada UPRB KESDM dilakukan melalui seleksi oleh Panitia Seleksi yang dibentuk oleh Menteri ESDM.

     

    Kepala Bagian dan Kepala Subbagian diangkat dan diberhentikan oleh Menteri ESDM atas usul Kepala. Pegawai UPRB KESDM selain tersebut diatas diangkat dan diberhentikan oleh Sekretaris Jenderal kementerian ESDM atas usul Kepala.

     

     

    Kinerja Pegawai Negeri Sipil yang ditugaskan pada UPRB KESDM merupakan bagian tidak terpisahkan dari sasaran kerja Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan. Penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil yang ditugaskan pada UPRB KESDM dilakukan oleh Kepala UPRB KESDM.

CATATAN :
  • Permen ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.
  • Ditetapkan di Jakarta, 20 Mei 2015.
  • Diundangkan di Jakarta, 25 Mei 2015.