Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum
LPG 3 KG - PENDISTRIBUSIAN - PENYEDIAAN - PENYELENGGARAAN
2007
PERMEN ESDM NO. 21, LL KESDM 2007 : 7 HLM HLM
Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Tentang Penyelenggaraan Penyediaan dan Pendistribusian Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram

ABSTRAK :
  •  bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 8 ayat (3), Pasal 9 ayat (3), Pasal 15 dan Pasal 16 Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2007 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram, perlu menetapkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tentang Penyelenggaraan Penyediaan dan Pendistribusian Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram; 


  • Dasar Hukum Undang-Undang ini adalah :

    UU No. 22 Th 2001 Jo. Putusan Mahkamah Konstitusi No. 002/PUU-I/2003 Th 2004; PP No. 67 Th 2002; PP No. 31 Th 2003; PP No. 36 Th 2004; Perpres No. 104 Th 2007; Keppres No. 187/M Th 2004 Jis Keppres No. 31/P Th 2007; Permen ESDM No. 0030 Th 2005


  • Dalam Undang-Undang ini diatur tentang :

    Pengaturan penyelenggaraan penyediaan dan pendistribusian LPG Tabung 3 Kg dalam Peraturan Menteri ini meliputi perencanaan volume  kebutuhan tahunan dan volume penjualan tahunan, ketentuan ekspor dan impor LPG Tabung 3 Kg, dan penugasan Badan Usaha untuk melaksanakan penyediaan dan pendistribusian LPG Tabung 3 kg dalam rangka mengurangi subsidi bahan bakar minyak khususnya untuk mengalihkan penggunaan minyak tanah bersubsidi sesuai kebijakan pemerintah. 

    Badan Usaha menyarnpaikan usulan kepada Menteri melalui Direktur Jenderal mengenai perencanaan volume kebutuhan tahunan, volume penjualan tahunan, harga patokan, dan harga jual eceran LPG Tabung 3 kg serta wajib melengkapi dengan data yang dapat dipertanggungjawabkan.

    Penugasan penyediaan dan pendistribusian LPG Tabung 3 Kg sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut : 

    a. Badan Usaha telah memiliki lzin Usaha Niaga Umum LPG untuk melaksanakan penyediaan dan pendistribusian LPG Tabung 3 Kg;
    b. memiliki aset kilang pengolahan BBM dan LPG dalam negeri termasuk pengembangannya dalam jangka panjang;
    c. jaminan ketersediaan pasokan LPG Tabung 3 Kg;
    d. memiliki kemampuan dalam menyediakan infrastruktur dan jaringan untuk penyediaan dan pendistribusian LPG Tabung 3 Kg di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
     
    Dalam rangka kelancaran penyediaan dan pendistribusian LPG Tabung 3 Kg, Menteri dapat membentuk Tim Evaluasi Penugasan yang keanggotaannya terdiri dari wakil-wakil Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Departemen Keuangan dan Badan Pengatur serta instansi terkait lainnya yang dianggap perlu. 
     
    Daerah yang telah dilaksanakan program pengalihan Minyak Tanah ke LPG Tabung 3 Kg akan dilakukan pengurangan volume Minyak Tanah yang pelaksanaannya dikoordinasikan dengan instansi terkait dan Badan Pengatur. 
CATATAN :
  • Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. 
  • Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 19 Desember 2007