Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum
TENAGA LlSTRlK - HARGA JUAL - DlSEDlAKAN - PT PLN BATAM
2002
KEPMEN ESDM NO. 1837K /36/MEM, LL KESDM 2002 : 9 HLM HLM
Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Tentang Harga Jual Tenaga Listrik Yang Disediakan Oleh PT Pelayanan Listrik Nasional Batam

ABSTRAK :
  • ahwa pembangunan yang berkesinambungan di bidang ketenagalistrikan dlperlukan- untuk menjamin tersedianya tenaga listrik untuk mendorong kegiatan ekonorni bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakylt, baik di perkotaan maupun di perdesaan; b. bahwa sehubungan dengan meningkatnya harga jual bahan bakar minyak yang sangat mempengaruhi biaya produksi penyediaan tenaga listrik, hraka gina menrnglatkan kemampuan dalam melayani permintaan listril di Pulau Bitam dalam jumlah yang cukup,. bermutu dan andal, perlu menyesuarkan harga jual tenaga listrik yang disediakatt oleh PT ' Pelayanan Listrik Nasional Batam dengan tetap mempertimbangkan aspek-aspek keadilan, kemampuan daya beli masyarakat, biJya produksi, dan efisiensi pengusalraan; c, bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 1 Keputusan Presiden Nomor 21 Tahun 1990, harga jual tenaga listrik yang disediakan oleh F"r"g"ng lzin Usaha. Ketenagalistrikan (PIUK) perlu ditetapkan dengan KePutusan Menteri;


  • Dasar Hukum Undang-Undang ini adalah :

    UU No. 8 Th 1999; UU No. 20 Th 2002; PP No. 10 Th 1989; Keppres No. 21 Th 1990; Keppres No. 228/M Th 2001; Keppres No. 133 Th 2001


  • Dalam Undang-Undang ini diatur tentang :

    (1) Tarif listrik Batam beserta penjelasannya ditetapkan sebagai berikut: a. terhitung mulai tanggal 1 Januari 2003 sampai dengan 31 Maret 2003, berlaku ketentuan sebagaimana tercantum dalam Lampiran ll Keputusan Menteri ini; b. terhitung mulai tanggal 1 April 2003, berlaku ketentuan sebagaimana tercantum dalam Lampiran lll Keputusan Menteri ini.

    (2) Pencatatan dan penghitungan rekening tagihan pelanggan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada PT Pelayanan Listrik Nasional Batam. 

    Penyesuaian secara berkala Tarif Listrik Batam sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), dinyatakan dalam Penyesuaian Tarif Listrik Berkala (PTLB), berlaku mulai tanggal 1 Juli 2003 dengan berpedoman kepada ketentuan dan formula sebagaimana tercantum dalam Lampiran lV Keputusan Menteri ini.

    Tarif Listrik Batam sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri ini berlaku untuk pemakaian tenaga listrik dengan faktor daya rata-rata setiap bulan sekurang-kurangnya 0,85 (delapan puluh lima perseratus).

    Dalam hal PT Pelayanan Listrik Nasional Batam menerima pembayaran untuk dan atas pungutan instansi lain, tanda terima pembayaran harus dipisahkan dari lembar rekening listrik pelanggan.

CATATAN :
  • Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2003. 
  • Ditetapkan di Jakarta padatanggal 31 Desember 2002